Ubur Ubur Yang Bisa Kembali Muda

Written By Jodi Avelin on Rabu, 06 Juni 2012 | 23.32

Seekor ubur-ubur “Turritopsis nutricula” memiliki kemampuan kembali muda. Binatang laut yang memiliki diameter 4-5 mm ini telah diteliti oleh ilmuwan Rusia dalam 4.000 penyelidikan. Menurut mereka, tidak ada satupun dari ubur-ubur ini pernah mati karena unsur mereka sendiri, mereka juga menegaskan bahwa “Turritopsis nutricula” adalah satu-satunya biologi yang ditemukan yang dapat kembali dari tahap sexual dewasa ke tahap larva.


Normalnya, ubur-ubur akan mati setelah selesai bereproduksi, namun “Turritopsis nutricula” berbeda, dia akan kembali ke ahap muda setelah dia mencapai kedewasaan sexual dan memulai proses kehidupannya yang lain, siklus seperti ini akan terulang terus menerus.

“Turritopsis nutricula” merupakan Hydrozoa, yakni semacam organisme pemangsa dengan mikro-organisme sebagai makanan utama yang menggunaan metode perambatan vegetatif. Ubur-ubur ini banyak hidup di perairan tropis. Dia juga bisa melekat pada kapal dan berlayar ke seluruh dunia. Karena volumenya yang sangat kecil, tidak bisa dilihat apakah hal itu berdampak pada ekosistemnya.

Namun hingga saat ini, bagaimana “Turritopsis nutricula” bisa kembali muda, para ahli biologi laut dan genetika belum bisa menjawabnya, hanya ALLAH yang Maha Tah. SubhanaLLah